Gunakan "COUNTIF" untuk menghitung data secara otomatis berdasaskan kriteria / group di Ms. EXcel



Microsoft Excel, adalah aplikasi yang banyak digunakan dalam mengerjakan berbagai macam tugas dan laporan oleh berbagai kalangan, baik laporan keuangan maupun data lainnya dalam bentuk tabular.  Pekerjaan jadi lebih mudah dan praktis dengan menggunakan Ms. Excel terutama untuk membuat data keuangan dan statistik, kita ridak usah repot repot menghitung/menjumlah angka dengan  menggunakan kalkulator, karena dalam excel kita dapat menghitung jumlah secara otomatis dengan fungsi autosum. Seperti kita ketahui dalam Ms. Exel banyak fungsi fungsi yang disajikan dan dapat kita gunakan untuk lebih mempermudah pekerjaan kita, namun ada beberapa fungsi yang  belum diketahui oleh semua orang. Pada kesempatan ini saya ingin memberikan sedikit informasi salah satu fungsi dalam excel, meski pembaca sekalian sudah banyak yang mengetahui namun mungkin ada beberapa yang belum mengetahui, tak ada salahnya saya berbagi sedikit pengalaman.
Fungsi tersebut adalah (COUNTIF) fungsi ini dapat digunakan untuk mengelompokan data (grouper) berdasarkan kriteria yang kita inginkan, misalnya kita ingin mengelompokan jumlah data berdasarkan jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan dan lain sebagainya. Maka kita tidak perlu mengitung secara manual berapa jumlah orang yang berusia 50 tahun, atau berapa jumlah jenis laki laki dari jumlah data suatu penduduk dll. Jumlah yang dihasilkan tentu saja akurat, jika dibandingkan jika kita menghitung secara manual.
Berikut cara mengaplikasikan fungsi COUNTIF pada kolom tabel dapat dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan rumus:
=COUNTIF(range;criteria), =COUNTIF(range awal:range akhir;”kriteria grouper”)

Caranya ketik [=COUNTIF(E4:E25;”LK”) ] pada kolom untuk yang digunakan untuk jumlah, misal kita akan mengelompokan  jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin. Lalu tekan enter, maka jumlah penduduk laki laki akan muncul secara otomatis, tanpa kita menghitung secara manual.
=COUNTIF(E4:E25;”LK”)
Keterangan :      

  • E4 adalah range / kolom data awal
  • E25 adalah range data akhir 
  •  “LK” Kriteria yang digunakan untuk grouper

Cara otomatis dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
Klik pada Formula pada Toolbar sheet excel
Klik tanda panah bawah More Function lalu klik Statistical dan pilih “COUNTIF”
Pada panel dialog Function Arguments, klik pada kolom range (masukan range) caranya klik pada range awal di worksheet anda tahan dan tarik kebawah untuk dan berhenti sampai kolom yang anda inginkan (range akhir). Lalu tekan enter.
Pada kolom criteria ketik kriteria yang anda inginkan sebagai grouper (misal LK)
Lalu tekan enter, maka jumlah LK dari atas sampai bawah akan muncul hasilnya secara otomatis.





Nah, demikian informasi singkat yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mencoba dan terus mencoba serta banyak belajar karena masih banyak lagi fungsi fungsi rahasia dalam komputer yang belum banyak kita pahami.
0 Komentar untuk "Gunakan "COUNTIF" untuk menghitung data secara otomatis berdasaskan kriteria / group di Ms. EXcel"

Back To Top