Cara Membuat Alat Penyedot Air Akuarium Sederhana dengan Barang Bekas (Dinamo Bekas Printer)

Semangat pagi sobat pembaca semua. Jangan lupa untuk bahagia, sudahkah anda minum kopi hari ini. Kali ini kami ingin berbagi sedikit pengalaman kepada pembaca semua barangkali bermanfaat. Kita gunakan sedikit imajinasi kita untuk membuat sesuatu yang kita butuhkan dengan alat seadanya dan semurah murahnya. Mari kita membuat satu alat penyedot / pompa air untuk akuarium, kita tau bahwa jika kita memelihara ikan di dalam akuarium maka air yang ada didalam akuarium harus terus mengalir atau bergerak. Tujuannya untuk mengatur sirkulasi udara atau oksigen, jika air diam maka suhu air menjadi hangat dan ikan akan mati. Maka dari itu kita membutuhkan alat semacam pompa air mini untuk menjalankan air, cara mudahnya untuk memutar air yang ada didalam akuarium tersebut. Untuk mendapatkan alat tersebut kita bisa membeli di toko terdekat, atau kita bisa membuat sendiri dengan memanfaatkan barang bekas.
Kebetulan saya punya printer cannon bekas, sudah bolak balik servis namun justru semakin parah dan tidak bisa digunakan. Paling larinya ke tukang loak, itupun jika di kilo paling beberapa kilo dan tentu saja dibayarpun tidak seberapa. Sebelum saya jual ke tukang loak saya protoli dulu isi yang ada didalam printer tersebut. Kebetulan saya mendapati isi yang ada didalam printer tersebut yang bisa saya gunakan yaitu dua buah dinamo kecil atau motor penggerak dan sebuah AC Adaptor.

Nah alat alat yang diperlukan untuk membuat pompa air akuarium diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Motor penggerak / dinamo (bisa didapat dari rongsokan printer, vcd player, dvd player dll)
  2. Adaptor jika mau menggunakan listrik.
  3. Aki atau batere jika tidak menggunakan listrik
  4. Selang kecil 1 meter atau sesuai kebutuhan
  5. Botol plastik
  6. Tutup botol plastik
  7. Seng
  8. Kabel
  9. Saklar
  10. Lem korea
  11. Gunting
  12. Solder
  13. Bor
  14. Geraji besi/gerenda


Caranya pembuatanya adalah sebagai berikut :
  •  Buatlah kipas dengan menggunakan potongan seng panjang 3 cm, lebar 1 cm. Pasang pada tutup botol dan lekatkan dengan lem. Potong botol menjadi diua bagian. Lalu lubangi bagian atas yang ada tutupya sesuai ukuran selang, untuk memasukan selang input. Lubangi pula bagian samping untuk lubang selang output. Lubangi juga bagian bawah botol tepat ditengah untuh memasang motor penggerak.
  • Pasang dinamo / motor pada bagian bawah botol lekatkan dengan lem. Pasang kipas pada bagian dalam. Pasang selang intake dan out take di masing masing lubang yang telah disediakan. Satukan lagi kedua potongan botol tresebut dan lekatkan dengan lem hingga air tidak merembes.
  • Sambungkan kabel ke soket dinamo rekatkan dengan solder. Pasang saklar pada salah satu ujung kabel. Sambungkan dengan AC Adaptor atau batere.
  • Nah sekarang alatnya sudah jadi, untuk mencobanya masukan ujung selang intake kedalam ember air. Sambungakan kabel listrik ke AC Adaptor, tekan saklar jika dinamo menyala dan bergerak maka air akan segera memancar dari selang output. Jika berhasil maka alat sederhana ini bisa diaplikasikan ke akuarium. Selamat mencoba.
1 Komentar untuk "Cara Membuat Alat Penyedot Air Akuarium Sederhana dengan Barang Bekas (Dinamo Bekas Printer)"

Back To Top