Petunjuk Pengoperasian
Aplikasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa (Siskeudes)
Koneksi database harus dilakukan pada saat
pertama kali aplikasi digunakan. Sesaat setelah aplikasi di instal dan sebelum
login. Koneksi database disimpan dalam file config.ini pada folder aplikasi
keuangan desa. Koneksi database secara default menggunakan tab koneksi Microsoft
Acces Database.
Caranya :
- Buka Aplikasi Siskeudes
- Klik pada menu File
- Lalu pilih Koneksi Data,
- Lalu klik Test.
- Keluar
- Buka lagi aplikasi dan login kembali,
Penggunaan opsi koneksi ODBC
mengharuskan sistem komputer terinstall Microsoft Jet OleDB 4.0 pada Microsoft
Office 2000-2003. Sehingga untuk komputer yang tidak terinstall office 2003
tidak dapat menggunakan fitur ini. Apabila ingin tetap menggunakan fitur ini
adalah dengan cara menambahkan install aplikasi Office Acces 2003. Untuk
memastikan apakah fitur ini dapat digunakan dapat dilihat pada Control Panel
Windows pada tab System & Security => Adminstratif Tools =>
Datasource (ODBC seperti tampak pada gambar berikut.
Secara teknis penggunaan opsi via ODBC lebih disarankan dan lebih menjamin keamanan data dari kerusakan (corrupt) dan dapat digunakan pada mode multiuser dengan cara melakukan sharing folder database “DataAPBDes.mde”.
Secara teknis penggunaan opsi via ODBC lebih disarankan dan lebih menjamin keamanan data dari kerusakan (corrupt) dan dapat digunakan pada mode multiuser dengan cara melakukan sharing folder database “DataAPBDes.mde”.
Penggunaan opsi Direct Acces
membuat aplikasi langsung melakukan pembacaan file pada database keuangan desa.
Opsi ini digunakan apabila dalam komputer tidak tersedia Microsoft Jet Oledb4.0
untuk “*.mdb” pada komputer yang hanya terinstall office2007, 2010 atau 2013.
Penggunaan opsi ini tidak disarankan karena pada kondisi tertentu, seperti
komputer lambat, low memory atau komputer terinfeksi virus dapat membuat
database rusak atau corrupts. Penggunaan opsi ini hanya untuk single
user atau dengan kata lain hanya untuk komputer PC atau Laptop secara stand
alone (tidak menggunakan jaringan).
Penggunaan aplikasi dengan mode OCBC
lebih disarankan bila dibandingkan dengan mode Direct Acces demi keamanan data.
Untuk komputer yang sudah terlanjut terpasang Office 2007 s.d 2013 agar
menambahkan office acces 2003 sehingga dapat menggunakan fitur ODBC. Penggunaan
aplikasi dengan menggunakan database SQLServer agar menghubungi adminitrator
pada Perwakilan BPKP setempat. Tatacara pengoperasian dan penggunaan aplikasi
pada dabase SQLServer sama seperti tatacara penggunaan database pada aplikasi
Simda BPKP.
Untuk pemeliharaan data keuangan desa
pada database microsoft acces, pengguna aplikasi agar melakukan compact and
repair database secara berkala untuk memampatkan database. Proses ini dapat
dilakukan minimal 1 bulan sekali. Cara melakukan compact and repair database
adalah dengan membuka database aplikasi keuangan desa “DataAPBDes.mde” pada
folder aplikasi dan memilih menu yang tersedia.
Caranya:
- Pilih Tools pada Laman Ms Acces
- Klik Database Utilities
- Lalu pilih Compac and Repair Database
Proses repair data hanya dapat
dilakukan ketika aplikasi sedang tidak aktif. Oleh karena itu aplikasi keuangan
desa harus ditutup dengan sempurna terlebih dahulu sebelum proses compact
and repair database dilakukan.
0 Komentar untuk "SINKRONISASI DATABASE DAN SISTEM KONEKSI DATA PADA APLIKASI SISKEUDES"