TATA CARA ENTRY DATA PADA APLIKASI INA CBG’S

Aplikasi INA-CBGs merupakan salah satu perangkat entri data pasien yang digunakan untuk melakukan grouping tarif berdasarkan data yang berasal dari resume medis. Aplikasi INA-CBGs sudah terinstall dirumah sakit yang melayani peserta JKN, yang digunakan untuk JKN adalah INA-CBGs 4.0
Untuk menggunakan aplikasi INA-CBGs , rumah sakit sudah harus memiliki kode registrasi rumah sakit yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, selanjutnya akan dilakukan aktifasi software INA-CBGs setiap rumah sakit sesuai dengan kelas rumah sakit serta regionalisasinya. Bagi rumah sakit yang ingin melakukan aktifasi aplikasi INA-CBGs dapat mengunduh database rumah sakit sesuai dengan data rumah sakit di website buk.depkes.go.id.
Proses entri data pasien ke dalam aplikasi INA-CBGs dilakukan setelah pasien selesai mendapat pelayanan di rumah sakit (setelah pasien pulang dari rumah sakit), data yang diperlukan berasal dari resume medis, sesuai dengan alur bagan sebagai berikut:
alur ina cbg's
Proses entri aplikasi INA-CBGs 4.0 dilakukan oleh petugas koder atau petugas administrasi klaim di rumah sakit dengan menggunakan data dari resume medis, perlu diperhatikan juga mengenai kelengkapan data administratif untuk tujuan keabsahan klaim.

Perlu diperhatikan dalam proses entri data INA CBG’s:
1.      Setelah mengentrikan data sosial sampai dengan variabel Tarif RS atau ADL (bila ada) harus disimpan.
2.    ADL (Activity Daily Living) merupakan nilai yang menggambarkan ketidakmapuan pasien dalam melakukan kegiatan sehari-hari, penilaian dengan menggunakan perangkat WHO-DAS dilakukan pada pasien yang termasuk dalam kasus subakut dan kronis.
3.      Kemudian memasukkan kode Diagnosis dengan ICD 10 dan prosedur dengan ICD 9 CM yang dikoding dari resume medis pasien
4.  Setelah data Diagnosis dan Prosedur dimasukkan DIHARUSKAN menekan tombol “ REFRESH ” kemudian dilakukan pengecekan ada atau tidak special CMG pada kasus tersebut, lalu klik tombol “Simpan”.


Variabel ADL (Activity Daily Living) digunakan sebagai salah satu faktor dalam perhitungan besaran tarif pada Special CMG untuk kasus Sub Akut dan Kronis, dengan kriteria hari rawat atau Length of Stay melebihi 42 hari di rumah sakit. Pada variable ADL diisi dengan memilih angka yang menjadi hasil penilaian terhadap status fungsional pasien atau kemampuan pasien dalam melakukan aktivitas sehari-hari, menggunakan instrumen WHO-DAS. (terlampir). Special CMG merupakan kelompok khusus dari beberapa item pelayanan tertentu yang mendapatkan tambahan pembayaran (top up payment), dengan kategori antara lain drugs, prosthesis, investigation dan procedure. Item pelayanan yang termasuk kedalam Special CMG akan muncul setelah dilakukan input data diagnosis serta tindakan (bila ada) yang terkait dengan item Special CMG yang dilanjutkan dengan klik Refresh. Setelah dipilih item Special CMG yang muncul, klik Simpan kembali lalu proses Grouping. 
0 Komentar untuk "TATA CARA ENTRY DATA PADA APLIKASI INA CBG’S"

Back To Top