IMPLEMENTASI INSTRUMEN WHO-DAS DALAM SISTEM INA CBG’s

WHO-DAS adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur disabilitas dan tidak digunakan sebagai dasar untuk pemulangan pasien tetapi sebagai dasar untuk menghitung Resource Intensity Weight (RIW) pada fase sub akut dan kronis. Instrumen ini dikembangkan oleh Tim Klasifikasi, Terminologi, dan standar WHO dibawah The WHO/National Institutes of Health (NIH) Joint Projecton Assesment of Classification of Disability.
Penerapan WHO-DAS dalam konteks INA CBG’s
  • Versi yang digunakan adalah versi 2.0, yang mengandung 12 (duabelas) variabel penilaian (s1-s12)dengan skala penilaian 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), sehingga total skor 60 (enam puluh)
  • Tidak digunakan sebagai dasar untuk pemulangan pasien tetapi sebagai dasar untuk menghitung Resource Intensity Weight (RIW) pada fase sub akut dan kronis bagi pasien psikiatri dan pasien kusta
  • Penilaian/assessment dilaksanakan pada awal fase subakut (hari ke-43) dan awal fase kronis (hari ke-104) yang dihitung sejak hari pertama pasien masuk.
  • Penilaian dilakukan dengan metode wawancara langsung (interview) dan/atau observasi oleh psikiater atau dokter ahli lainnya, dokter umum, maupun perawat yang terlatih.
  • Lembar penilaian ditandatangani oleh Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) dengan mencantumkan nama jelas (Perangkat lengkap WHO-DAS terlampir)



Salinan lembar hasil scoring WHO-DAS yang telah ditandatangani oleh DPJP dilampirkan sebagai bahan pendukung pengajuan klaim. Petugas administrasi klaim atau koder melakukan input hasil scoring WHO-DAS berupa angka penilaian awal masuk pada periode sub akut atau kronis ke dalam software INA-CBGs pada kolom ADL, selanjutnya software akan melakukan penghitungan tarif secara otomatis. 
0 Komentar untuk "IMPLEMENTASI INSTRUMEN WHO-DAS DALAM SISTEM INA CBG’s"

Back To Top