PROSEDUR DAN LANGKAH PELAKSANAAN KODING DENGAN ICD-9-CM DALAM INA-CBG’s

icd 9 cm
Kali ini kita membahas bagaimana pelaksanaan Koding dengan menggunakan ICD 9 CM (International Classification of Diseases Ninth Revision–Clinical Modification). Perlu di ingat bagi para petugas Rekam Medis untuk melakukan koding, berikut langkah langkahnya:

1.    Identifikasi tipe pernyataan prosedur/tindakan yang akan dikode dan lihat di buku ICD-9-CM Alphabetical Index.
2.    Tentukan Lead Term Untuk prosedur/tindakan.
3.    Baca dan ikuti semua catatan atau petunjuk dibawah kata kunci.
4.    Baca setiap catatan dalam tanda kurung setelah kata kunci (penjelasan ini tidak mempengaruhi kode) dan penjelasan indentasi dibawah lead term (penjelasan ini mempengaruhi kode) sampai semua kata dalam diagnosis tercantum.
5.    Ikuti setiap petunjuk rujukan silang (“see” dan “see also”) yang ditemukan dalam index :
6.    Cek ketepatan kode yang telah dipilih pada Tabular List.
7.    Baca setiap inclusion atau exclusion dibawah kode yang dipilih atau dibawah bab atau dibawah blok atau dibawah judul kategori.
8.    Langkah terakhir adalah tentukan Kode

Dalam pelaksanaan koding dengan menggunakan ICD 9-CM kita berpedoman pada prosedur dalam INA CBG’s.
1.    Prosedur Operasi, didefinisikan sebagai prosedur diagnostik terapeutik atau besar yang melibatkan penggunaan instrumen atau manipulasi bagian dari tubuh dan pada umumnya terjadi dalam ruang operasi. Beberapa prosedur yang dilakukan dalam ruang operasi dan atau dengan menggunakan general anestesi termasuk pasien melahirkan normal.

2.    Prosedur Non Operasi, prosedur Investigasi dan terapi lainnya yang tidak termasuk operasi seperti radiologi, laboratorium, fisioterapi, psikologi dan prosedur lainnya.
0 Komentar untuk "PROSEDUR DAN LANGKAH PELAKSANAAN KODING DENGAN ICD-9-CM DALAM INA-CBG’s"

Back To Top