Akun Youtube saya di banned, apa yang harus saya lakukan?



Ketika kita menjadi creator youtube, yang memanfaatkan youtube sebagai salah satu ladang mencari rupiah, itu sah sah saja. Namun sebagai mitra Youtube tentu kita harus mematuhi syarat dan ketentuan alias kebijakan yang ditetapkan oleh youtube. Kita harus tunduk pada pedoman komunitas youtube, tujuannya agar kita bisa terus berkarya dan akun kita bersih dan lancar. Nah diantara teguran yang di keluarkan oleh youtube yang bisa mengakibatkan reputasi akun kita buruk diantaranya adalah:
Jika Chanel / akun kita diketahui oleh tim peninjau melakukan pelanggaran terhadap pedoman komunitas. Diantaranya bentuk pelanggarannya adalah adanya konten vodeo yang mengandung unsur pornografi, seksual, sara, kekerasan atau aksi yang berbahaya dan merugikan, serta konten yang bersifat memicu kebencian, ancaman, spam, penipuan dan penyesatan.
Kadangkala konten kita dihapus bukan berdasarkan sebab diatas, misalkan alasan keselamatan orang yang mengeposkan, keluhan privasi oleh pijak lain, perintah pengadilan, atau masalah yang membahayakan lainnya. Dalam hal ini pengupload tidak akan menerima teguran dan akun / chanel tidak dikenakan sanksi.

Jika kita sudah mendapatkan teguran, kita akan menerima email dan dapat melihat lansiran di setelan akun, yang berisi informasi dan alasan mengapa konten anda dihapus. Anda bisa meninjau alasan tersebut dengan mengunjungi pusat kebijakan, sehingga hal ini tidak terulang lagi. Ya memang kita kadang bisa melakukan kesalahan tanpa ada niat, maka demikian teguran tidak berlangsung selamanya. Setiap teguran komunitas berlaku selama tiga bulan sejak dikeluarkan.

Lalu apa yang kita lakukan jika akun kita mendapat teguran?
Setelah kita menerima teguran komuitas, kita tidak bisa mengakses beberapa fitur di YouTube, Fitur dapat dilihat di setelan saluran. Kita tidak usah melakukan apa apa selama masa teguran dan menunggu teguran tersebut berakhir. Anda bisa mengajukan banding atau sengketa atas teguran tersebut, jika anda mempunyai bukti bahwa kita tidak melakukan pelanggaran yang didakwakan. Namun jika anda mengajukan sengketa, kemungkinan sengketa anda ditolak dan hanya memeperpanjang masa teguran menjadi 6 bulan.

Jika Anda menerima banyak teguran



  • Teguran Pertama: Teguran Pedoman Komunitas pertama pada akun dianggap sebagai peringatan. Namun jika Kita  menerima lebih dari satu teguran dalam periode waktu tiga bulan yang sama, inilah yang akan terjadi;
  • Teguran kedua: Jika akun Anda menerima dua teguran Pedoman Komunitas dalam jangka waktu tiga bulan, Anda tidak dapat mengeposkan konten baru ke YouTube selama dua minggu. Jika tidak ada lagi masalah, hak penuh akan otomatis dipulihkan setelah dua minggu. Setiap teguran akan tetap ada di akun Anda dan berakhir secara terpisah dalam waktu tiga bulan setelah teguran tersebut dikeluarkan.
  • Teguran ketiga: Jika akun kita menerima tiga teguran Pedoman Komunitas dalam jangka waktu tiga bulan, akun kita akan dihentikan alias di banned. Dan kita tidak bisa membuat akun lagi dari email yang sama.
 Maka dari itu, demi menjaga reputasi akun youtube kita, kita harus lebih selektif dan kreatif ketika kita akan mengupload konten ke youtube. Selamat berkarya.
0 Komentar untuk "Akun Youtube saya di banned, apa yang harus saya lakukan?"

Back To Top