Problem Sloving untuk memecahkan masalah (Troubleshooting) pada software INA-CBGs 4.0



Dalam pelaksanaan operasional INA-CBGs 4.0 dirumah sakit sangat mungkin terjadi beberapa masalah sehingga software tidak dapat digunakan untuk proses klaim pasien JKN. Beberapa permasalahan diantaranya sebagai berikut :
1.    Tarif INA-CBGs tidak keluar
Hal ini dimungkinkan bahwa software tidak dapat membaca database tarif INA-CBGs, dikarenakan rumah sakit belum melakukan setup rumah sakit atau installer software INA-CBG yang dimiliki oleh rumah sakit tidak dalam kondisi bagus.

Solusinya silahkan melakukan validasi ulang setup rumah sakit dalam software INA-CBGs 4.0.
Apabila solusi tersebut tidak berhasil, makan installer software INA-CBGs yang dimiliki rumah sakit bermasalah, sehingga silahkan download kembali installer software INA-CBGs di website buk.depkes.go.id untuk digunakan melakukan re-instalasi kembali.

2.    Data Base INA-CBGs rusak “corrupt”
Hal ini terjadi biasanya dikarenakan virus yang menyerang komputer atau juga pada saat komputer operasional terjadi mati lampu atau kelistrikan lainnya sehingga komputer tiba-tiba mati.
Tanda-tandanya adalah biasanya kode diagnosis yang diinpukan kosong, nama pasien tidak bisa terpanggil dan lain-lain
Solusi yang dapat dilakukan adalah melakukan restore back up database software INA-CBGs sebelum timbul permasalahan software INA-CBGs atau melakukan perbaikan database INA-CBGs secara manual melalui msql administrator.

3.    Setelah melakukan proses “Grouping” muncul keterangan “error grouper : Date not Valid”
Hal ini terjadi karena grouper tidak bisa berjalan dengan baik.
Solusi yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
·         Masuk kedalam folder extra di paket software INA-CBGs, pastikan xampp control panel untuk apache dan msql dalam posisi tidak “running”
·         Instal kembali unugrouper3.0s
·         Instal kembali Library setup
·         Install kembali update 4.0
·         Setelah itu jalankan kembali software INA-CBGs.

4.    Setelah melakukan proses “Grouping” muncul keterangan “error grouper : Gagal Grouper Hubungi Administrator”
a.    Hal ini terjadi karena komputer mengenali software INA-CBGs dilakukan proses Instalasi bukan sebagai user admin untuk komputer tersebut.
b.    Solusi yang dilakukan sebagai berikut :
·         Pastikan xampp control panel untuk apache dan msql dalam posisi tidak “running”
·         Klik “ My Computer”
·         Klik Local Disk C: Klik folder “windows” >>Klik folder “addins” >> kemudian ikuti langkah berikut :
Klik kanan pada Folder DAT dan pilih Properties.
Klik Security pada panel Properties.
Klik Edit >> Klik User>> Klik Allow Full Control lalu terakhir Klik “OK”.
c.    Keluar dan jalankan lagi Aplikasi INA CBG’s pada proses Grouping.

5.    Terjadi error grouper dengan keterangan “ Class Not Register {}” setelah melakukan grouping,
a.    Hal ini disebabkan Grouper INA-CBGs belum teregistrasi dalam registry windows
b.    Solusi yang dapat dilakukan dengan melakukan registri grouper tersebut sebagai berikut :
·         Periksa di versi sistem operasi windows yang digunakan apakah 32 bit atau 64 bit, dengan cara mengecek versi windows. Klik Start pada Windows >> Klik Kanan pada My Computer lalu pilih Properties. Lalu lihat versi windows komputer anda.
·         Setelah mengetahui versi windows yang digunakan 32 bit atau 64 bit, kemudian buka paket software INA-CBGs 4.0, didalamnya terdapat folder regunu yang berisi 2 file dengan nama regunu32 dan regunu64. Silahkan dipilih sesuai dengan versi windows yang ada di komputer, kemudian klik kanan lalu lakukan “merge” atau lakukan klik 2 kali pada file tersebut.
·         Kemudian lakukan restart komputer kembali sebelum digunakan.
6.    Kelas rumah sakit tidak sesuai dengan surat penetapan kelas rumah sakit yang dimiliki oleh rumah sakit, ketika melakukan setup rumah sakit. Yang dapat dilakukan rumah sakit adalah melakukan updating kelas rumah sakitnya dengan mengirim email ke ncc.kemkes@gmail.com dengan menyertakan bukti SK penetapan kelas yang dikeluarkan oleh kementerian Kesehatan RI, yang selanjutnya update database rumah sakit akan dikirim kembali (feedback) melalui email.

Demikian sedikit informasi tentang bagaiaman mengatasi troubleshooting pada aplikasi INA CBG’s Versi 4.0 semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Problem Sloving untuk memecahkan masalah (Troubleshooting) pada software INA-CBGs 4.0"

Back To Top