Tata cara untuk menjaga kelancaran Aplikasi INA CBG’s

Untuk mendukung kelancaran operasional Software INA-CBGs 4.0 perlu dilakukan pemeliharaan dari software tersebut. Mengenai tatacara penggunakan (user manual) software INA-CBGs 4.0 sudah disertakan dalam paket software INA-CBGs yang dimiliki rumah sakit. Untuk kelancaran operasional software INA-CBGs 4.0 perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Spesifikasi Hardware yang digunakan harus dalam kondisi baik dan terkini, karena akan berhubungan dengan kecepatan proses klaim rumah sakit. Akan lebih baik jika menggunakan PC dengan spesifikasi yang tinggi. Pentium 4 atau diatasnya.
2. Komputer yang digunakan untuk software INA-CBGs sebaiknya mempunyai tingkat keamanan yang baik sehingga terhindar dari kerusakan, serta komputer sebaiknya khusus digunakan untuk software INA-CBGs. Bila komputer digunakan untuk menyimpan data lain mengakibatkan lambatnya sistem operasi pada PC (lemot bahkan ngeblank).
3. Sebaiknya komputer yang digunakan untuk software INA-CBGs didukung dengan baterai cadangan (UPS) untuk menghindari kerusakan database dari software apabila terjadi masalah kelistrikan.
4. Rutin melakukan Back Up database dari software INA-CBGs untuk menghindari proses entri ulang data klaim apabila terjadi masalah dalam software INA-CBGs.

5. Ada petugas rumah sakit yang diberikan tanggung jawab untuk melakukan pemeliharaan dari software INA-CBGs. Petugas yang mempunyai kompetensi dalam bidang informatika (Petugas Rekam Medis atau Ahli Komputer).
0 Komentar untuk "Tata cara untuk menjaga kelancaran Aplikasi INA CBG’s"

Back To Top