Tanggung Jawab dan Tujuan Penyelenggaraan Rekam Medis di Rumah Sakit

Tanggung Jawab Secara Personal:
1.       Tanggung jawab Dokter yang merawat
Tanggung jawab utama akan kelengkapan dan kebenaran isi Rekam Medis terletak pada dokter yang merawat.
2.       Tanggung jawab Petugas Rekam Medis
Personil Rekam Medis bertanggung jawab untuk mengevaluasi kualitas dan pencatatan Rekam Medis yang dilakukan oleh dokter guna menjamin konsistensi dan kelengkapan isinya atau untuk mengevaluasi mutu pelayanan medis.
3.       Tanggung jawab Pimpinan Rumah Sakit
Pimpinan Rumah Sakit bertanggung jawab menyediakan fasilitas unit Rekam Medis yang meliputi ruangan, peralatan dan ternaga yang memakai . Dengan demikian pelaksana Rekam Medis dapat bekarja secara efektif dari memeriksa berkas-berkas Rekam Medis, indexing maupun menyimpan semua berkas- berkas Rekam Medis dalam waktu singkat.
4.       Tanggung jawab Staf rekam medis
Pengorganisasian staf medis secara langsung menentukan kualitas pelayanan terhadap pasien, makin baik pengorganisasiannya makin baik pula pelayanan terhadap pasien.

Tanggung Jawab Secara Kepanitiaan / Komite Medis
Panitia Rekam Medis akan membantu terselenggaranya pengelolaan Rekam Medis yang memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan, yaitu :
1.   Memberikan saran-saran dan pertimbangan – pertimbangan dalam hal penyimpanan Rekam Medis dan menjamin bahwa semua informasi dicatat sebaik-baiknya dan menjamin tersedianya data yang diperlukan untuk menilai pelayanan yang diberikan kepada seorang pasien.
2.    Menjamin telah dijalankannya dengan baik filling records, pembuatan index, penyimpanan dan tersedianya Rekam Medis dari semua pasien.
3.       Mengajukan usulan kepada Direktur Rumah Sakit tentang perubahan dalam isi ukuran Rekam Medis.
4.       Membina kerja sama petugas Penasehat Hukum dalam hal hubungan-hubungan keluar dan pengeluaran data / keterangan untuk badan-badan diluar Rumah Sakit.
 Tujuan Penyelenggaraan Rekam Medis di Rumah Sakit
Tujuan Penyelenggaraan rekam medis di Rumah Sakit  adalah menuju terciptanya rekam medis yang lengkap, benar dan akurat serta menuju terciptanya rekam medis yang berdaya guna, mempunyai nilai administrative, legal, financial, riset, edukatif, dan dokumentasi. Sehingga tercapai tertib administrasi dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan Rumah Sakit.
0 Komentar untuk "Tanggung Jawab dan Tujuan Penyelenggaraan Rekam Medis di Rumah Sakit"

Back To Top