Membentuk objek lekukan dengan menggunakan efek Envelope (CorelDRAW)


corel/envelope
Dengan CorelDRAW memungkinkan Anda membentuk/membuat objek, termasuk garis, teks artistik, dan frame teks paragraf dengan menerapkan efek envelope pada obyek tersebut. Amplop/envelope terbuat dari beberapa node yang dapat Anda digerakan untuk membentuk amplop dan, sebagai hasilnya, mengubah bentuk objek. Anda dapat menerapkan amplop dasar yang sesuai dengan bentuk dari suatu objek, atau Anda juga dapat menerapkan amplop yang telah ditetapkan. Setelah Anda menerapkan amplop, Anda dapat mengedit atau menambahkan amplop baru untuk melanjutkan mengubah bentuk objek. CorelDRAW juga memungkinkan Anda menyalin dan menghapus amplop.
Anda dapat mengedit sebuah amplop dengan menambahkan dan posisi node nya. Menambahkan node memberi Anda kontrol lebih besar atas bentuk dari objek yang terdapat dalam amplop. CorelDRAW juga memungkinkan Anda menghapus node, memindahkan beberapa node secara bersamaan, mengubah node dari satu jenis yang lain, dan mengubah segmen amplop ke saluran atau kurva. Untuk informasi lebih lanjut tentang berbagai jenis node, lihat "Menggunakan obyek kurva."
Anda juga dapat mengubah modus pemetaan amplop untuk menentukan bagaimana objek cocok untuk amplop. Misalnya, Anda dapat meregang objek agar sesuai dengan dimensi dasar dari amplop, dan kemudian menerapkan modus pemetaan horisontal untuk kompres secara horisontal sehingga cocok bentuk amplop.
Untuk menerapkan amplop:

  • Select obyek
  • In toolbox, klik alat Amplop
  • On property bar, klik salah satu tombol berikut:

  1. Garis lurus modus - menciptakan amplop berdasarkan garis lurus, menambahkan perspektif ke obyek
  2. mode single-arc - menciptakan amplop dengan bentuk busur di satu sisi, memberikan benda penampilan cekung atau cembung
  3. Modus ganda-arc - menciptakan amplop dengan bentuk S pada satu atau lebih sisi
  4. Modus dibatasi - menciptakan amplop bentuk yang unik yang memungkinkan Anda mengubah sifat dari node, dan menambah dan menghapus node

  • Click objek
  • Drag node untuk membentuk amplop
  • Jika Anda ingin me-reset amplop, tekan Esc sebelum melepaskan mouse

Anda juga bisa melakukan:

  • Penerapan amplop preset: Klik tombol Add yang telah ditetapkan pada property bar, dan klik bentuk amplop.
  • Terapkan amplop ke objek dengan amplop: Klik tombol Add amplop baru pada property bar, dan tarik node untuk mengubah bentuk amplop.
  • Hapus amplop: Klik Effects Batal amplop
0 Komentar untuk "Membentuk objek lekukan dengan menggunakan efek Envelope (CorelDRAW)"

Back To Top